no Cell Phone

Sepertinya kita sudah biasa melihat tanda seperti dibawah ketika kita hendak mengisi bahan bakar di pom bensin atau SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum), yaitu tanda larangan merokok dan menggunakan cell phone atau telepon genggam. Mungkin banyak dari kita sudah tahu kalau wajar kita tidak boleh merokok di arel SPBU karena bara api dari rokok tersebut dapat menyambar uap bensin yang ada sehingga bisa memicu ledakan atau kebakaran, namum apa hubungannya dengan handphone atau telepon genggam ?? kenapa musti dilarang ??

Kebetulan semester kemarin saya mengambil mata kuliah Medan elektromagnetik untuk kesekian kalinya, dan saya pun akhirnya mengerti kenapa kita di areal SPBU tidak boleh menggunakan handphone, dan tentunya saya tidak berani untuk bicara seperti ini sebelum saya lulus mata kuliah medan elektromagnetik ini:mrgreen: . Supaya paham maka saya menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Hukum Maxwell yang ketiga atau sama saja dengan Hukum Faraday tentang medan elektromagnetik yang melewati sebuah permukaan konduktor loop tertutup.

Hukum tersebut menyatakan bahwa, curl dari medan elektrik di sebuah loop sama dengan jumlah fluks magnet yang melewati permukaan loop tersebut selama perioda waktu tertentu. Dengan kata lain apabila ada gelombang elektromagnet yang melewati sebuah permukaan loop maka akan muncul sebuah tegangan atau EMF (Electromotive Force) sehingga dapat menimbulkan arus listrik di loop konduktor tersebut. Mungkin teman – teman juga pernah melihat fenomena ini, dulu sangat populer sekali yang namanya alat pereduksi radiasi yang ditempelkan di belakang handphone anda, yang berupa lampu, jadi ketika ada pesan masuk atau telepon maka lampu tersebut akan menyala. Yap, itu lah suatu contoh betapa besarnya gelombang elektromagnet yang dipancarkan sehingga dapat menyalakan lampu tersebut.

Bayangkan apabila gelombang elektromagent tersebut melewati sebuah permukaan dari konduktor loop tertutup seperti skema diatas, maka akan timbul arus di konduktor loop tersebut. Namun yang menjadi masalah adalah apabila konduktor tersebut bukan lah loop yang sempurna, melainkan ada sebuah celah kecil berukuran milimeter di sebuah loop tersebut. Hal ini akan menimbulkan beda tegangan antara 2 ujung loop tersebut, sehingga dapat menimbulkan lompatan elektron atau bunga api di loop tersebut, dan bayangkan bila hal tersebut tepat mengenai uap bensin yang ada, BOOM !. Mungkin banyak dari kita tidak menyadari bahwa banyak sekali konduktor loop tersebut di bagian mobil, yah saya tidak bisa menyebutkan satu – satu:mrgreen: , Jadi patuhi lah untuk tidak menggunakan Handphone di areal SPBU, OK !!

32 Responses to “no Cell Phone”


  1. 1 cK Juni 15, 2008 pukul 3:35 AM

    kalo cdma gimana? setahu saya gelombang elektromagnet gsm ama cdma beda…😕

  2. 2 Fajar Juni 15, 2008 pukul 4:06 AM

    @chika
    sama aja chik🙂
    yang penting henpon

  3. 3 !nov Juni 15, 2008 pukul 5:52 AM

    berarti gelombang elektromagnet bisa dibuat untuk bom dong,,
    hehehe asik2😀

  4. 4 takochan Juni 15, 2008 pukul 9:33 AM

    Inti postingan : Fajar lulus mata kuliah Medan Elektromagnetik, betoolll? Dapet A ya jar? Gileee.. kereeeennn:mrgreen:

    *ngibrit sebelum disate*

  5. 5 aisar Juni 15, 2008 pukul 10:06 AM

    wahahahahaha…

    kagak sia2 lw belajar medan mpe subuh..
    ada yang NYANTOL juga :))

  6. 6 Wildan Juni 15, 2008 pukul 10:47 AM

    ngeri…scary.. Hahaha..

    Perayaan lulus medan lanjut ya bro.. selamat2..🙂

  7. 7 bayuhebat Juni 15, 2008 pukul 10:59 AM

    Buset berapa SKS nich buat bela belain nemuin jawaban bahwa no HP di SPBU.??

    BTW ada hubungan gak antara sinyal HP dengan kenaikan harga BBM?

  8. 8 deniar Juni 16, 2008 pukul 3:57 AM

    Wah penjelasan yang ilmiah.. sip2..

  9. 9 ayahshiva Juni 16, 2008 pukul 6:19 AM

    wah jadi takut juga kalo terima telpon waktu lagi ngisi bensin, soalnya sering banget terima telpon di spbu

  10. 11 danasatriya Juni 16, 2008 pukul 1:40 PM

    wkwkwkw, pak Bambang selalu mengulang ilmu tentang SPBU di tiap semester ya😆

    *pasti pernah nyinggung masalah serupa untuk loop di kabel koax tipi ? tul tul?*

  11. 12 itikkecil Juni 17, 2008 pukul 3:19 AM

    *ngakak liat komen takodok*
    baiklah pak, lain kali saya gak lagi pake hp di spbu

  12. 13 sez Juni 17, 2008 pukul 5:44 AM

    nyempet hetrik ga??? sebelun lulus???
    hihihihihi… :p

    btw, itu motonya pake kamera HP bukan?? hehe

  13. 14 Fajar Juni 17, 2008 pukul 10:57 AM

    @inov
    wah mungkin

    @desti
    betolll !!

    @aisar
    emangnya elu
    abis isya udah tidur😆

    @wildan
    sama2 bro

    @bayu
    ini 3 sks
    wah keknya gak ada hubungannya bro

    @deniar
    sip

    @ayahshiva
    mangkanya dimatiin😀

    @Fikar
    kuat banget

    @dana
    betul

    @tante
    bagus lah tante:mrgreen:

    @sez
    ini gw hatrick sez😐
    iya motonya make PDA😆
    kan yang penting gak nerima telpon

  14. 15 Yoyo Juni 19, 2008 pukul 1:49 AM

    emang udah pernah kejadian ? di mana ?

  15. 16 sugenk Juni 20, 2008 pukul 6:20 PM

    iya, pernah kejadian gak?
    gak seru gak ada contohnya, he he he…

    masak gak ada toleransi cak?
    soale jujur saja, kira-kira 99% sekarang orang bawa mobil ato motor ke SPBU bawa HP. Kalo orang bawa HP belum tentu bawa motor, emang kuat bawanya? berat cak, :p.

  16. 17 zoel chaniago Juni 23, 2008 pukul 2:23 PM

    huh ternyata sangat berbahaya………….

  17. 18 yudi Juni 23, 2008 pukul 2:49 PM

    untung ga punya hape😆

  18. 19 Petra Barus Juni 25, 2008 pukul 3:13 AM

    ndak pernah ngisi bensin awa…..

    jangankan mobil, motor aja gak punya

  19. 20 grace Juni 25, 2008 pukul 7:31 AM

    hehe
    akhirnya punya alasan jelas untuk berhenti ngotot nelpon pas lagi di pom bensin..
    ngeri juga sihh…

  20. 21 Rita Juli 4, 2008 pukul 2:54 PM

    Aku taunya cuma, bahaya kebakaran yang disebabkan HP, datangnya dari nyala (spark/etincelle) yang ditimbulkan oleh batere handphone… Karena itu kalo lagi ngisi BBM, udah pasti hp ta’matiin
    Tau lebih detailnya setelah baca disini. Demi keamanan, ini perlu diketahui oleh siapa saja, terutama yg selalu “berurusan” dengan SPBU.😀

  21. 22 t4rum4 Juli 4, 2008 pukul 3:07 PM

    Wah wah… Utk org org “itu” sih pasti mengerti hal ginian. Yang jadi masalahnya, lepel sopir angkot ngarti kagak? Bkn masalah hp sih. Tapi, masalah keadaan mesin waktu d isi. Waduh.. Poko’e bingung.

  22. 23 Fajar GM Juli 6, 2008 pukul 2:42 PM

    Tapi belum pernah ada kejadian sebuah SPBU meledak karena ada orang SMSan kan?:mrgreen:

  23. 24 Fajar Juli 6, 2008 pukul 5:36 PM

    @yoyo
    saya belum pernah denger kalau ada kejadian seperti ini
    tapi menurut teori ya seperti itu
    ada baiknya bagi kita untuk waspada dan berjaga – jaga🙂

    @sugenk
    kurang tau juga kalo ada kejadiannya apa nggak:mrgreen:😆 bisa aja nih mas sugenk

    @zoel
    hmmmm begitulah:mrgreen:

    @yudi
    walah, bukan itu hikmahnya😆

    @petra
    suatu saat pasti punya kan🙂

    @grace
    makanya grace
    lu kalo lagi ngisi bensin jangan nelpon pacarlu pake hp oke !!😆

    @rita
    tepat mbak, dari batere juga kemungkinan ada
    yang saya jelaskan di atas hanya kemungkinan lain yang ada
    lebih baik kita hati2 dan waspada

    @taruma
    iya ya, banyak lho yang ngisi bensin dalam keadaan mesin menyala

    @fajar gm
    belum tahu juga sih:mrgreen:

  24. 25 ea Juli 7, 2008 pukul 10:31 AM

    oh gitu yah…

    btw klo hapnya gak ada pulsa maish ngaruh gak?

  25. 26 Harjo Juli 10, 2008 pukul 3:44 AM

    Koq belum di update lagi Mas?

  26. 27 AR Eros Juli 16, 2008 pukul 9:48 AM

    Alow sobat pa kbr ni sehat2 kan? Lam knal ya ni aq AR Eros mahluk unik dan langka dari lereng gunung Welirang tepate Prigen Pasuruan. bayi blogger yang lahir 8 juli 2008 kemarin (8-7-8 ) angka yg lumayan unik ya. oia aq boleh kn jd tmen km kn ? Add aq yach pliss. oia sempetin jg mampir ke web q ya? berbagi hal-hal umum, seru, kocak, gokil dsb. juga baca pgalaman q di datangi malaikat bukan untuk mengaku jadi imam mahdi apalagi jadi nabi akhir zaman tapi dia dy perantara utusan Allah SWT untuk melakukan perubahan dasyat klik sni ya : http://www.areros.co.cc

  27. 29 zaenal Agustus 2, 2008 pukul 6:14 AM

    ah, hebat sekali jidat ampe bekerut bacanya. artikel yang bagus, kirakira bisa ga’ ditulis dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti oleh orang awam, karena punya anak bawelnya minta ampun, setiap ada tindakan, apapun itu harus ada penjelasannya kalo ga’ bisa ngotot.

    sapa suruh kawin – sapa suruh punya anak

  28. 30 Malik Al Lail Agustus 19, 2008 pukul 10:37 AM

    Emm.. Ikut nimbrung ah..
    Sya kelas 11. Guru sya bilang. Pke hp dpom thu gpp.
    Why? Ya jelas gpp. Untuk alesan medanelektromagnetik td, ad sbuah kkurangan. Tgangan listrik yg dhsilkan oleh gelombang elektromagnetik hp gag ad 3volt. Hal ini trbukti dgan pnggunaan lampu kdap-kdip yg dblakang hp. Lampu thu jenis led yg diintegrasikan ama ic mini. Dan voltase yg dbutuhin gag smpe 3volt. Kalo sinyal hp lbih dr 3volt maka lampu thu akan..bluuup..meletup dan gosong. Pda kenyataany percikan api tak mungkn trjadi pda listrik dgan tegangan 3volt.knp? Krena percikan api trjdi akibat mengalirny tegangan TINGGI ke udara yg brhambatan besar. Nah…itu pengetahuan sya.
    Skedar tmbahan. Dluar negri, hp dispbu jg dlarang..
    TAPII..bukan krena akan menyebabkan kbakaran. Dluar negri sistem pembelian bensin sbagian bsar make sistem wireless. Dmana pmbeli tinggal tken tmbol brapa ltr dan input trsebut akan dproses dserver. Server akan memproses dan mengeluarkan bnsin ssuai yg dpesan. Jika hp dgunakan wktu saat pemesanan. Mka data wireless bz kacau. Dan yg trjadi. Beli 1 ltr dpet 100ltr. Harga 6rb jd 6jt..nah loh? Kacaukan?

  29. 31 Malik Al Lail Agustus 19, 2008 pukul 10:39 AM

    Eh lupa. Ttg percikan api.
    Prcikan api yg kumaksud diudara suhu kamar dgan tkanan normal dprmukaan bumi.. Brapa atm aku lupa.

  30. 32 yanhr Januari 30, 2014 pukul 11:13 PM

    1. Yang aneh buat saya, HP itu canggih, mesin spbu (buat saya) juga canggih,
    Masalahnya sudah diketahui, tapi kenapa solusinya sederhana (ga canggih) hanya sekedar himbauan mematikan HP.?
    Ini yang bermasalah divisi pengembangan produk di sisi produsen HP nya atau spbu nya?

    2. Kalau boleh tanya, mungkin ada link hasil riset berapa kejadian kecelakaan di spbu yang disebabkan HP?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Laman

Blog Stats

  • 346,210 hits

Contact Me

Fajar Flickr Photos

Beautiful Haneda

B waiting

to Kowloon

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: