Gengsi semata…

Kalau ada orang yang bertanya kepada saya seperti dibawah, maka saya akan menjawabnya seperti yang saya jabarkan juga dibawah.. :mrgreen:

Lebih pilih mana sistem operasi Windows, *BSD, Linux apa Mac ?

Jawaban saya :

Tergantung !!

Ya itu lah jawaban saya, tergantung !!. Mengapa ?? karena tidak semua sistem operasi itu bagus dan unggul di berbagai platform. Misal untuk desktop, notebook ataupun server. Kalau untuk desktop, saya lebih melihat sisi keindahan dan kemudahan dan Mac sepertinya paling cocok untuk saya🙂 terbukti dengan saya pernah menginstall Hackintosh untuk PC Intel di kosan, tidak kalah juga Linux dengan eyecandy-nya seperti beryl atau compiz fusion itu saya ngilernya sampai setengah mati, namun ada kalanya saya harus bermain game seperti DoTA maka saya terpaksa harus dual boot dengan Vista atau XP.

Banyak orang bertanya kepada saya, “mas, kalo buat server bagus mana ya antara Linux dengan Windows Server ??” , kalau ada yang bertanya seperti ini maka saya biasanya menjawab “Untuk jadi server apa dulu ?”, kalau hanya sekedar server AMP cukup dengan install Linux atau FreeBSD semuanya beres, gak perlu yang aneh – aneh, tetapi jika kita ingin mendeploy server application yang menggunakan .NET Framework atau Silverlight 2.0 ya mau nggak mau kita harus menggunakan sistem operasi WIndows Server based. Bila membangun mail server nah kita bisa pilih FreeBSD dengan qmail atau postfix, atau jika ingin lebih “menantang” kita bisa membangun Exchange Server diatas Windows Server, kenapa saya bilang “menantang”, karena dokumentasi untuk Exchange terbilang cukup sedikit, tentunya akan terasa agak susah bila troubleshooting. Atau jikalau kita ingin membuat router atau IPv6 router, yah ini mau gak mau kita harus menggunakan unix based server seperti Linux atau FreeBSD, Linux yang lebih condong ke USAGI stack dan FreeBSD dengan Kame stack -nya, tentunya ini memang sudah pilihan absolut (belum pernah denger ada yang bisa bangun IPv6 router diatas Windwos Server based:mrgreen: ).

Kalau masalah perihal laptop atau notebook, saya ini orangnya pemalas dan gak mau repot, sudah tentu Windows menjadi pilihan utama. plug and play dan semuanya beres, gak perlu mount sana sini, gak perlu khawatir dengan masalah driver dll, cukup dengan satu OS dan semua beres. Dulu waktu kuliah tingkat 2 saya fanatik sekali dengan yang namanya Ubuntu, Laptop saya install dengan ubuntu, namun karena “agak repot” dan banyak problem, yah terpaksa saya hapus bersih dan lebih memilih Single sistem operasi dengan XP dan menginstall FreeBSD dan Ubuntu di VMWare saja🙂 .

Nah yang saya pertanyakan, kenapa ya masih ada aja orang yang fanatik dengan suatu sistem operasi tertentu, toh sebenarnya masing – masing sistem operasi itu mempunyai keunggulan dan kelemahan. Saya kebanyakan melihat yang sangat fanatik adalah Linux user (hehe no offense), Linux distro inilah distro itulah (pusing gw dengernya), sampai – sampai ada yang menjelekan sistem operasi yang lainnya. WTF guys !! jujur saya pernah mencoba semua sistem operasi Linux, FreeBSD, Mac dan keluarga WIndows (Vista, XP, Windows Server) untuk produksi atau service, ngapain dibikin susah kalo ada yang gampang. Kalo memang lebih mengutamakan keindahan anda bisa memilih Mac, kalau memang lebih cocok dengan Linux pake lah linux, kalau server nya memang bagus diatas Windows pake itu Windows Server, kalo emang mau bangun router bisa memakai FreeBSD, it’s easy guys !! gak perlu menjelek jelek kan sistem operasi lain. Dan saya menyimpulkan dari orang – orang yang saya sebutkan diatas itu hanya Gengsi Semata saja !!, ya hanya Gengsi Semata saja !!

sumber gambar : Flickr

41 Responses to “Gengsi semata…”


  1. 1 Fajar Mei 9, 2008 pukul 4:29 PM

    Gengsi nih yeee …. !! 😆

  2. 2 Wildan Mei 9, 2008 pukul 11:49 PM

    Hahahaha..setuju bro.

    Paling aneh itu Mac user. Bener-bener Cult of Mac dah.. Cape dey.. Apalagi kalo usernya udah jelek-jelekin OS lain. Developer diatasnya aja adem ayem, ini malah usernya yang heboh.

  3. 3 ridwan Mei 10, 2008 pukul 12:45 AM

    buat nge-game ama nonton enakan pake windows.:mrgreen:

    udah 4000 belom hitsnya?😛

  4. 4 cK Mei 10, 2008 pukul 1:01 AM

    saya kok tetep milih jendela ya? friendly user aja dan gak repot ehehe..😛

  5. 5 cempluk Mei 10, 2008 pukul 1:08 AM

    saya kok pengen beralih ke mac ya..😀 udah 5 tahun pake windows…

  6. 6 BLOGIE Mei 10, 2008 pukul 2:46 AM

    Saya yang pingin ganti OS dengan GNU malah dibingungkan sama segerombolan pinguin yang bekoar sana-sini… Bagusan inilah, itulah… Arrrggghhh… Makanya skg melongo aja di jendela liatin pinguin heuheureuyan satu sama lainny…😀

    Si Mac *Gyver*, iya nih tampilannya bikin ngiler…

  7. 7 scooterboyz Mei 10, 2008 pukul 2:56 AM

    Ngerilah kk..

    Aing mah cupu dan miskin,pake gretongan aja..

  8. 8 edy Mei 10, 2008 pukul 4:02 AM

    saya masih pake windows ori gretongan dong😆

  9. 9 deniar Mei 10, 2008 pukul 5:21 AM

    Yang penting aseli bos….. dan tidak melanggar HAKI

  10. 10 phewhe Mei 10, 2008 pukul 6:00 AM

    jar, jangan lupa ama wejangannya alwin
    wakakakaka…

  11. 11 grace Mei 10, 2008 pukul 8:00 AM

    saya pilih yang gampang!
    soal gengsi buat saya ga ngaruh ah…
    gengsi saya bukan berasal dari program apa yang saya pake di komp saya kok!

  12. 12 kunderemp Mei 10, 2008 pukul 10:19 AM

    Justru karena Linux ‘terkesan susah’ (padahal gak susah-susah banget :P) makanya jadi fanatik. Biar dibilang ‘pintar’ (padahal gak pintar-pintar banget).. hehehehehe….

    I choose Linux :p
    tapi laptop kantorku pakai ms windows xp.. aih aih..

  13. 13 Petra Barus Mei 10, 2008 pukul 10:45 AM

    hari gini masih debat antar fanatis OS?

    orang fanatis itu….keknya gak pernah ngerasain gimana ngoding level OS😀

  14. 14 scooterboyz Mei 10, 2008 pukul 11:33 AM

    @phewhe
    Ikutan ngakak dah..:p

  15. 15 aji Mei 10, 2008 pukul 12:25 PM

    setuju !!!
    capek ngikutin mode masa kini dengan banyaknya distro dan FO..
    linux cuman buat ngompile GCC aja, hehe maklum merasa kesusahan menginstall cigwin, lebih gampang plug linux live usb.

  16. 17 alex&reg Mei 10, 2008 pukul 3:09 PM

    Hehehe…
    Gengsi-an ya?😆

    Saya dulu sempat fanatik banget sama Linux. Jaman-jamannya Red Hat 9.0, sampe bela-belain nginstal itu OS dan ngapus Windows XP Home Edition saya yang bawaan original di laptop, sampe kemudian itu Red Hat jadi gede dan melenggang “ninggalin” komunitas Fedora. Ilang respek saya sama itu OS.

    Belakangan saya masih pake Linux, tapi utk sendiri saja. Ubuntu Hardy yang baru ini bagi saya sudah bagus sih, ndak mumet dan banyak tingkah kaya Fedora dan lain-lain (sorry buat umat2 yang bersangkutan).

    OS? Tetap aja Windows XP Home Edition itu saya install. Lha yang pake juga sodara-sodara saya. Ngapain saya maksa mereka utk jadi orang keren™ dan geek™ seperti saya 8)

    Mac? …

    Inget quote: Mac is for gay😆

    *lirik2 jeng tika yang pake Mac*😛

  17. 18 alex&reg Mei 10, 2008 pukul 3:11 PM

    ….

    Lupa nutup &reg-nya🙄

    *ditendang karena nyamfah*

  18. 19 IzulCyberCafe Mei 10, 2008 pukul 6:55 PM

    Setujuu…
    Paling gw kalau pake SO selain Windows cuma utk keren2an doang soal’a jarang yang pakai..

  19. 20 itikkecil Mei 12, 2008 pukul 3:22 AM

    saya sih tergantung sama bawaan komputernya.
    apalagi kalau semuanya sudah diinstalin, kan tinggal terima beres😀

  20. 21 inovsiji Mei 12, 2008 pukul 3:48 AM

    aku tergantung mood,
    hahaha,,

    kebetulan di kompi ada 2 os,
    windows xp bajakan edition (minjem di rental @ Rp 2.000,00, lebih mahal bakso semangkok, byk juga yang pake kan??), sama ubuntu (masih setia dgn 7.10 :D)
    kalo skrg lagi sering pake ubuntu (pribadi),, kalo sama tmen, adek, ya pake windows. kalo mood pengen ngegame, juga windows,

    windows xp bajakan edition =P

  21. 22 ardi Mei 12, 2008 pukul 12:02 PM

    klo buat yg user friendly ya jendela jagoanyya

    ga susah susah

  22. 24 Fikar Mei 12, 2008 pukul 2:44 PM

    Tergantung
    klo lg pingin coding paake ubuntu
    game pake windows

  23. 26 KnightDNA Mei 12, 2008 pukul 6:20 PM

    Hehehe, setuju Jar

    Yang penting halal dan legal. Sing penting tertib, ojo jotos2an =)) (walo gue ngakui kalo masih pake software bajakan, terutama game2 3D berat yang sekarang udah gak sempet dimainin lagi :P). Kalo gue sih paling sering make dan gue akui paling gampang dipake ya tetep XP (baik buat developer maupun end-user). Vista gue kurang suka, soalnya dia paranoid banget, jadinya malah kurang nyaman buat dipake. FreeBSD sama Linux? hmm, ini karena dogma Labtek V dan Sunken Court W-05 :)). Sekarang sih lagi demen2nya nyoba2 MacOS.

    Sip lah. Ternyata orang Mikocok gak membabi buta dalam membela ajarannya, hehehe…

  24. 27 antonrifco Mei 13, 2008 pukul 7:28 AM

    betul juga yah, tergantung keperluannya

    kalo mo deploy aplikasi .NET di non-Windows gmana… gitu😀

  25. 29 si didit Mei 15, 2008 pukul 11:21 AM

    hahaha..jadi inget adu gengsi kita kalo di lab jar.. :p ya buat gw sih make Linux tu karena emang gw penasaran aja,,bisa ga ya gw survive di lingkungan serba gratis dan harus config sana sini itu. Kalo Mac mah udah jelas, ini sangat powerful buat bikin musik, makanya kalo urusan ini saya jadi Mac Addict. Meskipun begitu, menurut saya Windows masih paling nyaman untuk kehidupan sehari-hari. Si dosen kita aja mpe kagum ma Windows, padahal dia penggila open source :p Main CS jg masih pake XP kan Jar? Hahaha..

  26. 30 aisar Mei 15, 2008 pukul 7:28 PM

    aing juga miskin.. pake yang gratisan aja..

    @ antonrifco -> pake mono(http://www.mono-project.com/) aja :p gengsi ini mah..

    @ didit -> main CS, pake cedega gw (gengsi lagi)

  27. 31 ronald Mei 16, 2008 pukul 8:40 AM

    udah lah vista aja…
    udah paling ganteng itu…
    *pesan sponsor..*

  28. 32 wawan Mei 16, 2008 pukul 2:19 PM

    mas mbak ada paket wisata yang gak gratis..he, coba di http://www.kibchome.multiply.com wisata melihat BURUNG GARUDA DI ALAM..

  29. 33 umi fadilah Juni 14, 2008 pukul 12:36 PM

    pake Linux buat ngedesign, ato apalagi bikin GUI application (pake Glade/Gtk) sumpah NGGAK BANGET.. hehe no offense, tapi emang jauh lebih ribeeeet daripada ngoding WPF di windows (vs2008 tentunya🙂, haha..

    tetep deh kalo buat urusan design2, windows aja.

    Mac agak aneh picture managernya(ini sih karna ga gitu biasa, hihi)

  30. 34 zaenal Agustus 2, 2008 pukul 6:22 AM

    baru dapet ubuntu yang terbaru nih. tapi gengsi makenye, gimane doong?

    ga’ ngerti makenye

  31. 35 minanube September 3, 2008 pukul 7:44 AM

    Kalo urusan sehari-hari saya sih milih MAC OS X kalo web host saya cari yang freebsd. Ini saya lagi cari2 web host yag support freebsd 7.o cuma belum nemu he3x…

  32. 36 idtux November 21, 2008 pukul 11:26 AM

    weh² hari gini perang OS heheheee linux dan unix aza adu kecepatan >>> http://films.0x7.net/www.web-hack.ru/other/FreeBSD_vs_Linux.avi <<> hanya sebagai perbandingan kagak perlu di bahas

    gw sendiri pengguna multi OS karena di laptop dan PC gw terinstall bayak OS waktu gw masih smp sampai sma gw penikmat wondows baru tau linux setelah kuliah dan hasilnya waaaaaaaaaaaa susah bener ternyata setelah dijalani linux kagak susah karena dah mengerti, sekarang lebih banyak bekerja menggunakan linux dari pada windows perbandingan 70:30 heheheheeee gw pakek windows klu lagi cek jaringan duank karena gw butuh winbox untuk mikrotik hhehheeeheheeeee pakek linux sebenarnya bisa tinggal install wine jalan tuh winbox trus klu semua bisa jalan di linux buat apa donk windows…..? <<>>> http://films.0×7.net/www.web-hack.ru/AntiTrust.avi <<< gw saranin download pakek IDM deh biar mantaaaaaaaaf klu dah nonton itu baru bicara gengsi

    • 37 bytescode April 3, 2011 pukul 3:58 PM

      cobalah clear os untuk pengganti mikrotik, itu versi komunitas basis red hat🙂

      IDM?
      Cobalah aplikasi open source lainnya, jgn memakai aplikasi bajakan🙂

      Ada prozilla (gui maupun terminal), aria2, downthemall, dll.

  33. 38 Catur Wijiutomo November 21, 2008 pukul 9:21 PM

    setuju, tapi yang penting jangan ngebajaknya aja bang

  34. 39 bytescode April 3, 2011 pukul 3:55 PM

    Aku tidak memasalahkan OS apapun, tapi aku menyukai FOSS karena bukan hanya di Linux tp di semua OS dan arsitektur. Itu belum termasuk kemerdekaan kode yg diberikan.

    Yg aku benci adalah closed source proprietary yg menghalalkan segala cara untuk bisnis mereka🙂

    Btw, apa yg anda sampaikan di atas jg bs dilakukan di linux dan foss, terserah mau distro apa, ini sudah tahun 2011, perbanyaklah googling dan browsing, ada banyak kemajuan, jgn melihat sesuatu yg sudah lama (kemarin) seperti yg tertuang di tulisan atas🙂

  35. 40 kang dodo April 27, 2011 pukul 12:17 AM

    udah dong gak usah di perpanjang , anda si jendela , anda si apel, pun sang pinguin, toh yang jelas arogan kan si empunya , OS anda tau siapa BG, anda kenalSteve Jobs , atau kang Linus torvalds, kaloo dah kenal baru bicara ini itu, apapun OS yang anda pakai yang penting tidak membajak, so kalo bisa beli yang berbayar monggo silahkan, kalo tidak pake yang geratisan juga gak salah toh semua nya juga ada susah pun gampangnya, kalo anda sebut si pinguin ribet ya maklum geratisan , tapi mereka menawarkan segi scurity yang lumayan bagus , masalah plug and play , gini saya mau nanya kalo instal distro linuk versi sekarang lah, apa yang dia minta update kernel masalah hardware dengan sendirinya di kenali, ada ribuan aplikasi baik yang pure geratis ato shareware, di repository mereka , yang pake jendela gak kalah bagus nya sangat user friendly, ribuan apliksai tingal install >next>>next>>finish hebat lah bagi anda yang pake jendela “ASLI”, plus aneka aplikasi “ASLI”, saya tidak dafat membayangkan berapa budget yang anda keluarkan untuk 1.OS 2.Aplikasi pengoalhan gerafis 3. Aplikasi Kantoran . tapi saya yakin ORANG INDONESIA SUDAH PADA MAKMUR and “BIJAK” bukan “PEMBAJAK”. oke toh semua OS diciptaka untuk membantu manusia .


  1. 1 Windom XP sp-2 « Rancak Bana Lacak balik pada Mei 19, 2008 pukul 1:09 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Laman

Blog Stats

  • 346,210 hits

Contact Me

Fajar Flickr Photos

Beautiful Haneda

B waiting

to Kowloon

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: