JAWABAN : definisi Tuhan

Kali ini saya mencoba menjawab tentang postingan saya sebelumnya tentang definisi TuhanPertanyaannya adalah seperti ini :

Tuhan Maha Kuasa

Mungkinkah

Tuhan menciptakan batu yang diri Nya tidak bisa mengangkat batu tersebut ?

hihihi , sebenarnya ini hanya pertanyaan Trivia dan permainan kalimat saja, dan pertanyaan ini biasa digunakan orang yang idealis untuk menyerang kepercayaan dari orang yang beragama.sebenarnya ada benar nya juga komen dari temen saya si ridwan ini. Ada benarnya juga jika kita membuat suatu definisi secara tidak sadar kita telah mambuat suatu batasan. Walaupun kita percaya bahwa Tuhan itu adalah Maha segala – galanya , itu kita sudah membuat suatu definisi batasan terhadap Tuhan. Dan itu sangat mudah diruntuhkan dengan statement macam diatas tersebut. Kita bisa membayangkannya dengan mudah apabila kita menggambarkannya dengan membentuk himpunan – himpunan (seperti diagram venn).

So, Kesimpulannya ?Sekali lagi, sebenarnya itu hanya permainan kata2 saja, kalau dilihat lebih luas ada ketidakkonsistenan di balik pernyataan diatas. Kita anggap begini

Tuhan Maha Kuasa = A

Tuhan menciptakan batu yang diri Nya tidak bisa mengangkat batu tersebut = Tuhan tidak Maha Kuasa = ~A (Negasi A)

Jadi sekarang saya bertanya lagi kepada anda apakah

A = ~A ?

kalo sama Guru SMP sih udah pasti disalahin, jadi jelas konteks kalimat nya sudah salah, dan saya rasa gak perlu dijawab pertanyaan tersebut.Ampun Maaf

28 Responses to “JAWABAN : definisi Tuhan”


  1. 1 hoek Oktober 2, 2007 pukul 8:40 PM

    yay..vertamax!!!

  2. 2 hoek Oktober 2, 2007 pukul 8:40 PM

    naahhh…ini baru jawaban yang bisa mbikin saia mudenk..:mrgreen:

  3. 3 hoek Oktober 2, 2007 pukul 8:41 PM

    ah ya…hettrix:mrgreen::mrgreen::mrgreen:

  4. 4 danalingga Oktober 2, 2007 pukul 9:12 PM

    Oh, ndak perlu di jawab toh, padahal saya punya jawabannya nih.😆

  5. 5 cK Oktober 2, 2007 pukul 9:33 PM

    jawabannya essay ya? ga ada pilihan ganda??:mrgreen:

  6. 6 itikkecil Oktober 3, 2007 pukul 1:17 AM

    untung saya gak jawab😀

  7. 8 abdulsomad Oktober 3, 2007 pukul 3:26 AM

    Assalamualikum wr wb
    untung saya diyem sajah

  8. 10 Suluh Oktober 3, 2007 pukul 3:58 AM

    kalau saya masih kurang lengkap tuh jawabannya….
    kalau dengan jwaban diatas tuh artinya gini…

    A=Maha kuasa

    a= kuat membuat batu

    -a= tidak kuat mengangkat..

    sendang a dan -a tuh komplement atau menjadi wilayah dari A (karena maha mencakup segalanya jadi -a amupun a masuk ke A)

    sehingga A sama dengan kontradiktif alias bisa -a dan a
    sedang a tidak mungkin -a…

    alias A itu mustahil ada…

  9. 11 Takodok! Oktober 3, 2007 pukul 5:01 AM

    Diagram venn gak tau, taunya pembuluh vena:mrgreen:
    Jeng Fajar, arisan besok di tempat sapa ya?😆 *error mode on*

  10. 12 Fajar Oktober 3, 2007 pukul 5:25 AM

    @hoek
    wah
    sukur mas kalo jadi mudeng:mrgreen:

    @danalingga
    wah apa nih jawabannya
    kasi tau donk

    @cK
    dah gak jaman pilihan ganda chik😆

    @mbak ira
    untung deh:mrgreen:

    @sigid
    iyo mas
    koyo ngono:mrgreen:

    @abdulsomad
    iya kang:mrgreen:

    @ayahshiva
    walah
    masa matematika gak ngerti

    @suluh
    wah meski saya agak bingung
    makasih mas atas penjelasannya🙂
    saya coba pahami

    @takodok
    eh mas desti mampir:mrgreen:
    di tempat mas desti aja dah😆

  11. 13 k' tutur Oktober 3, 2007 pukul 6:16 AM

    definisi itukan “pembatasan”
    emang tuhan bisa dibatasi?🙄

  12. 14 Fajar Oktober 3, 2007 pukul 6:31 AM

    @k tutur
    makanya kang
    pertanyaan yang diatas itu salah
    mendefnisikan tuhan mengangkat batupun salah
    post saya judulnya pun salah:mrgreen:

  13. 15 arie Oktober 3, 2007 pukul 7:30 AM

    ngaku salah dia…. :p

  14. 16 Fajar Oktober 3, 2007 pukul 7:41 AM

    @arie
    bukan gitu
    saya cuma mau ngasi trivia aja:mrgreen:

  15. 17 ea Oktober 3, 2007 pukul 8:32 AM

    hehehhee untung gak ikutan sok tahu dengan jawab hahaha

    hm oke deh jar trvianya keren🙂

  16. 18 hamka Oktober 3, 2007 pukul 12:18 PM

    haha… ternyata permainan kata2

    tapi keren kok.. , aku sendiri juga sempat merenungksn pertanyaanmu itu jar,ternyata jawaban yang kamu maksudkan itu ternyata lebih ke penjelasan matematis dan logis. pusing ahh..

  17. 19 scooterboyz Oktober 3, 2007 pukul 2:04 PM

    Jahahahaa..

    Lalu kalo ada yang nanya “Suru tuhanmu bikin batu yang besar yang dia ga bisa ngangkat”

    Gimana jawabnya???PErtanyaanmu kan kemarin di comment kaya gitu..😀

  18. 20 fertob Oktober 3, 2007 pukul 3:22 PM

    bisa juga kemungkinannya = Tuhan Tidak Maha Kuasa🙂 tergantung darimana kita memulai premisnya.

  19. 21 Fajar Oktober 3, 2007 pukul 5:28 PM

    @ea
    bukannya situ dah jawab di ym😆

    @hamka
    saya juga ketipu waktu ditanya dosennya

    @arif
    wah saya gak bisa nyuruh tuhan saya tuh:mrgreen:

    @fertob
    wah kalau premisnya mulai dari situ dah salah banget donk mas :mrgreen:

  20. 22 {F4154LMAN} Oktober 4, 2007 pukul 1:36 PM

    tuh kan, pertanyaannya itu…😀

  21. 23 ea Oktober 5, 2007 pukul 5:13 AM

    ah dik fajar ituhkan bukan jawaban cuma ajakan diskusi
    hehehe

  22. 24 Fajar Oktober 5, 2007 pukul 8:02 AM

    @faisalman
    hooh
    bener

    @ea
    yeee
    kan emang gak ada jawabannya

  23. 25 scooterboyz Oktober 5, 2007 pukul 9:09 AM

    Wah,kalo gitu masa Tuhan kamu ga mau membuktikan keperkasaannya di depan orang2??

  24. 26 ar!ef Oktober 10, 2007 pukul 4:59 AM

    Kalo menurut gw sih bukan A = ~A, tapi A -> ~A. Atau kalo pertanyaan dosen lo itu kita re-phrase jadi pernyataan, bukan

    “Tuhan Maha kuasa = Tuhan tidak bisa menciptakan batu yang dia sendiri tidak bisa mengangkatnya”

    tapi

    “JIKA Tuhan itu Maha Kuasa, MAKA Dia kuasa untuk menciptakan batu yang Dia sendiri tidak kuasa mengangkatnya.”

    Dengan rephrasing kyk gitu, pernyataannya jadi netral kan? Ga menyudutkan ato apapun. Masalahnya cuma, “Gimana tuh, masa’ kyk gitu?” *hehehe.. Dan karena objek yang dipake itu Tuhan, makanya jadi heboh.😀 Orang yang mengaku beragama suka sewot nih kalo dikasih ini. Gw muslim, n tmn gw yang solatnya jarang bgt aja wkt gw kasih pernyataan itu berusaha mati2an menumbangkannya. Gw juga bukan muslim ato orang beragama yang paling baek sedunia, tapi gw kecewa kalo kadang kita ga mau berpikiran lebih terbuka sedikit aja. *curhat colongan..

    A = ~A emang ga mungkin, tapi A -> ~A itu bukannya ga mungkin. Emang intriguing, but it’s simply a paradox. Gw juga orang yang beragama, tapi gw mengakui kalo mungkin kita ga akan pernah menemukan jawabannya. Namanya juga paradoks..🙂

    Anyway, salam kenal!

  25. 27 ajooy April 14, 2008 pukul 5:06 AM

    Kalo gw setuju juga sama si arif. Ini sepertinya berkaitan dengan paradoks russel tentang masalah pendefinisian himpunan.

    Mungkin contohnya seperti ini.

    A bilang kepada para warga kota:

    Kalau tidak ada seorangpun di kota ini yang mampu mengangkat batu yang dibuat A (saya) berarti A maha kuasa
    B tidak mampu, C tidak mampu, D, E, dst tidak mampu -> menunjukkan A maha kuasa

    Jadi, Kalau ada seseorang di kota yang mampu mengangkat batu seberat apapun yang dibuat A berarti A tidak maha kuasa

    So far so good…

    Permasalahan timbul kalau himpunan orang-orang kota untuk mengetes kemahakuasaan A juga mengikutsertakan A

    Jika A mampu mengangkat batu yang dibuatnya sendiri berarti A tidak maha kuasa

    Jika A tidak kuasa mengangkat batu yang dibuatnya sendiri berarti A maha kuasa

    Akhirnya, menjadi paradoks🙂

  26. 28 alfakir Agustus 19, 2010 pukul 8:44 PM

    assalamualaikum wr,wb

    ikutan ah dan smoga tuhan membantu saya dalam hal defini ini

    jika tuhan di definisikan sama dengan ciptaannya maka bukan tuhan namanaya ” tuhan menciptakan batu tapi tuhan tidak bisa mengangkat batu”

    menurut saya definisi “tuhan adalah sesuatu yang di sembah” dan sesuatu yang di sembah harus mempunyai kriteria…..

    lha manusia itu khan maunya enaknya saja… lha wong milih pacar, istri, mobil, rumah saja manusia mempunyai kriteria… masa untuk sesuatu yang di sembah ga ada kriterianya….

    nha kriteria untuk tuhan itu ada tiga

    1. Absolut ( berkuasa penuh)
    2. Esa ( tunggal )
    3. Unik ( tidak ada satupun yang menyamainya )

    ketiga kriteria tersebut tidak bisa di pisahkan satu sama lain
    dia tidak akan absolut jika tidak esa dan dia tidak akan esa jika tidak unik….

    sekian dulu semoga tuhan memberik kita jalan kebenaran…. amiiinn…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Laman

Blog Stats

  • 346,213 hits

Contact Me

Fajar Flickr Photos

Beautiful Haneda

B waiting

to Kowloon

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: