Foot odor

Bau kaki atau foot odor bukan milik semua orang. Namun, apabila aib itu menimpa kita, repotnya luar biasa. Sebab, mengatasinya gampang-gampang susah. Katanya ada 12 cara untuk melawannya.

Apa saja ?

Mau disebut kaki bau atau bau kaki nasibnya tetap sama : tidak boleh jempol kaki selonjor di depan hidung orang kalau tidak ingin langsung ditonjok atau bikin yang termenung di dekat kita mendadak jatuh pingsan.

Sungguh kaki bau menebar bau yang luar biasa, bukan sembarang bau. Namun, jangan pernah bercita-cita ingin tahu sensasi bau kaki jika sampai sekarang belum pernah punya pengalaman tentang cita rasa yang konon baunya tak terperi itu.

Hanya pihak istri atau suami dan si pemiliknya tentu saja, yang persis tahu setinggi apa kaliber bau kaki. Satu hal sudah pasti, sekalipun bau kaki mungkin bisa membangunkan orang yang sedang pingsan, namun tidak boleh dipakai buat obat mabuk kalau tak ingin bikin orang malah tambah mabuk.

Peluh Berkuman

Memang bukan salah bunda mengandung kalau diberi bakat berkaki bau. Tak ubahnya dengan ketiak, kulit kaki juga bisa basah berpeluh dan berbau. Ada peluh jinak, ada peluh aujubilah. Peluh aujubilah ini yang rajin menyimpan bau jika berlebihan dan kaki dikeramasi hanya kalau habis gajian saja.

Suratan kaki bau hanya milik orang-orang tertentu yang peluhnya tergolong buas. Selain berlimpah, warna dan kaliber baunya spesifik dan istimewa, seperti ihwalnya bau badan. Ada bau kesturi, apek, anyir, atau jenis bau yang sudah ingin berkata jujur pun masih tetap tak terlukiskan dengan kata-kata. Ada yang bilang baunya kayak gombal basah yang tidak dicuci-cuci seminggu.

Entah seperti apalah baunya, yang pasti merisaukan bukan saja pemiliknya, melainkan juga pasangan hidup dan orang-orang serumah tentu. Baru pulang kerja, “bau semerbak” itu langsung datang. Lagi seks di kamar tidur, bau itu merusak emosi sensual. Apalagi kalau baru pulang dari main sepakbola, jangan langsung membuka sepatu kalau gasnya tidak mau sampai menyerang hidung.

Pak Kar. sejak muda sadar kakinya berbau. Ia hati-hati sekali kalau mau buka sepatu, sadar harus berpantang tidak di depan orang, juga di depan istri. Dan istrinya ingat betul, jangan dekat-dekat kalau suami lagi buka sepatu, supaya selera seksnya tidak segera kendur.

Bukan tanpa upaya, tapi bau kaki itu tetap setia di situ dan Pak Kar. minder gara-gara foot odor. Setiap kali berbaring diperiksa dokter untuk urusan penyakit apa pun, awalnya ia tak sudi mencopot sepatunya, khawatir dokternya terhuyung-huyung mau pingsan. Dokter lalu bertanya,

“Kalau tidur biasa pakai sepatu ya, Pak?” Pak Kar. cuma mesem tersipu. Selain kaya akan peluh, kaki berbau juga sebab ada penyakit di kulit kaki. Kulit kaki yang senantiasa basah oleh peluh selalu mengundang kuman. Kuman tertentu memproduksi bau jika sepatu juga tidak kering dan kaus kaki diganti cuma kalau malam minggu.

Jamur kulit juga sering hinggap di sela jemari kaki. Baunya sama tak sedap. Pengidap foot odor dengan jamur kaki, baunya menjadi super.

Cara Melawan Bau Kaki

Berikut ini 12 cara melawan kaki bau :

  1. Basuh kaki lebih sering pakai air sabun, terlebih jika sedang banyak peluh dan bekerja sepanjang hari, bersepatu atau tidak. Tujuannya, agar kulit kaki tidak berlumuran peluh terlalu lama.
  2. Bedaki kulit kaki setiap sehabis mandi atau dibasuh. Kalau sekiranya ada kemungkinan kena jamur, sebaiknya semprotkan antijamur pula. Baluri pula bagian dalam sepatu dengan bedak.
  3. Bukan cuma ketiak yang perlu semprotan antibau. Pakai semprotan antipeluh (antiperspirant) yang biasanya sudah dicampur dengan antibau (deodoran) sedikitnya tiga kali sehari. Namun, jangan pakai antiperspirant kalau kaki lagi luka atau jamuran.
  4. Sering berganti kaus kaki, bahkan kalau perlu sampai tiga kali dalam sehari (bukan kalau malam minggu saja). Pilih dari bahan katun yang menyerap keringat, bukan nilon.
  5. Jika peluh kaki luar biasa hebat, boleh memakai kaus kaki dua lapis. Bagian dalam dari katun, sedangkan bahan kaus luar dari wool. Jangan pakai bahan sintetis sebab malah tidak bisa menyerap keringat.
  6. Pilihlah jenis sepatu terbuka atau sepatu sandal. Sepatu tertutup selain merangsang banyak keluar keringat, mengundang kuman bersarang, yang memicu bau kaki bertambah. Pilih sepatu bukan dari bahan plastik atau karet yang bikin kedap udara luar masuk, sehingga kulit kaki sukar bernapas. Jangan pakai sepatu yang sama dua kali dalam sehari. Sepatu perlu waktu sedikitnya 24 jam untuk mengeringkan diri sebelum dipakai lagi.
  7. Mandikan kaki sebelum tidur malam dengan alkohol (70%). Lalu dinginkan dan semprotkan deodoran sebelum kaki dibungkus kantong plastik. Lapisi dengan kaus kaki selama sepanjang tidur.
  8. Rendamlah kaki lebih sering dengan larutan tertentu (air teh, aluminium acetate, sodium bicarbonat, cukak, air dingin dan panas bergantian).
  9. Orang zaman dulu acap menyirami sepatu dengan pewangi ruangan.
  10. Ada pula yang melumuri bagian dalam sepatu dengan bahan arang penyerap basah (antilembab).
  11. Kondisi stres bikin keringat tubuh keluar berlebihan. Untuk yang berbau, kaki perlu antistres juga.
  12. Perhatikan apa yang kita makan. Jenis makanan berbumbu kental, seperti bawang putih atau merica, menambah semerbak bau peluh.

Dan tentu saja, jika kulit kaki berjamur atau terinfeksi, perlu diobati sampai sembuh. Infeksi atau kaki bersarang jamur, menambah bau tak sedap di sana, yang bisa saja sampai ke hidung Tuan Direktur atau siapa pun atasan Anda. Jadi apes namanya kalau cuma gara-gara menyimpan air got di kaki, kita harus sampai di-PHK.

==================

disclaimer

ditulis oleh Dr.Handrawan Nadesul

taken from HERE

30 Responses to “Foot odor”


  1. 1 Fajar September 1, 2007 pukul 1:38 AM

    *ngakak*
    gaya bahasa-nya caur 😆

  2. 2 arie September 1, 2007 pukul 5:36 AM

    jadi inget di ARC dulu ada ‘peraturan’ cium kaki masing2 dulu sebelum masuk.. :))

  3. 3 sez (masih males login) September 1, 2007 pukul 6:01 AM

    jadi inget seorang temen yang bau kaki-nya bikin anjing tidak bergonggong lagi..
    hehehehehe

  4. 4 patrush September 1, 2007 pukul 7:09 AM

    ayo sapa aja nih yang punya “wewangian” di kakinya…. [kabur…..]

    alow salam kenal yah…

  5. 5 yume September 1, 2007 pukul 8:48 AM

    sumpah ya om…roommate saya kakinya suka buau buanget!
    ga tahan deh…. *curcol*:mrgreen:

  6. 6 ayahshiva September 1, 2007 pukul 9:29 AM

    wah info yang menarik neeh, mesti di catat neh, trus di lakukan

  7. 7 doubleklik September 1, 2007 pukul 10:13 AM

    semua yg kasih comment kakinya bau tuh😛

    *ngakak*

    *kabooooooooooooorrrrrrr

  8. 8 Wildan September 1, 2007 pukul 1:18 PM

    mestinya aturan “Cium kaki sebelum masuk” diberlakukan kembali..

  9. 9 Fajar September 1, 2007 pukul 5:12 PM

    @arie
    ahahah
    masa jahiliah itu
    tapi patut ditegakan lagi !!😆

    @sez
    ahahaha
    ahahha
    *ngakak*

    @patrush
    saya nggak lho mas
    salam kenal juga🙂

    @yume-sama
    huu
    kacian kamu🙂

    @ayah shiva
    hoho
    itu saya nyomot punya orang🙂

    @doubleklik
    iya termasuk kamu !!
    saya mah nggak !!😆

    @wildan
    hooh dan
    harus di berlakukan lagi
    demi ketentraman bersama:mrgreen:

  10. 10 rime September 2, 2007 pukul 4:18 AM

    sebegitu parahnya kah di ARC?

    kalo di sekre gua sih, begitu ketauan ada yang kakinya bau langsung diusir atau disuruh ke WC buat cuci kaki, wakakakak.. ^^

  11. 11 vino September 2, 2007 pukul 6:07 AM

    kayak baca resep memasak😀
    *sama sih yah…wanginya*

  12. 12 Rizma September 2, 2007 pukul 8:46 AM

    😆

    bau kaki mas?
    ntar Grace ga suka lho,,😉

  13. 13 yume September 2, 2007 pukul 5:52 PM

    saya benci bau kaki!
    betul itu ma!:mrgreen:

  14. 14 itikkecil September 3, 2007 pukul 12:44 AM

    tipnya bagus… perlu dikasih liat sama yayang…. *buru-buru di save*

  15. 15 Fajar September 3, 2007 pukul 6:26 AM

    @rime

    makanya main2 donk ke ARC 🙂

    @vino
    ahahahah
    masakan apaan yang wanginya kayk gitu ??

    @Ma
    nggak donk !!

    @Yume
    saya gak bau kaki !!

    @mbak ira
    lho yayang nya kena wabah ini tho ?

  16. 16 itikkecil September 3, 2007 pukul 6:42 AM

    @fajar
    iya……. malah kadang-kadang kaos kaki dan sepatu yang bau itu disodor-sodorkan ke diriku lagi😦

  17. 17 ninoy September 4, 2007 pukul 1:40 AM

    hueee…ada juga ya orang yang bener2 kakinya bau?kirain itu cuman dongeng sebelum tidur waktu kecil ajah..ih tapi belom pernah tuh ketemu orang yang kakinya bau…apa saya yang ga peka idungnya…mwueeee, eh eh jar pas baca pertama kali kirain itu pengalaman pribadi…sayangnya itu nyomot dari tempat lain thow-kecewa fajar ga bau kaki- kekekekekkeke

  18. 18 ninoy September 4, 2007 pukul 1:50 AM

    eh iya jar OOT nih tapi pengen tanya, kemaren ada temen saya yg tanya apa win vista itu kompatible ama program2 lama yg biasa di pake ga kek macromedia dreamweaver tapi yang bajakan, ya maklum lah mahasiswa pakenya yang crack2an gt…bisa ga sih jar? jawab dunks secepetnya..:D

  19. 19 ea September 4, 2007 pukul 5:02 AM

    waks kemaren gw baru ngerasain hahahhaa traveling pake sepatu dan gak sempet ganti kaos kaki selama 3 hari wkakakakak untung blum ada yg protes ma gw apa pura2 gak protes ajah karena gak tega ma guah hehhee

  20. 20 Fajar September 4, 2007 pukul 8:07 AM

    @mbak ira
    Jorok …………:mrgreen:

    @ninoy
    iya saya gak bau kaki !!
    kompatible !!
    pake aja software lama
    gpp

    @ea
    hiiiii
    ea juga jorok !!:mrgreen:

  21. 21 EA September 4, 2007 pukul 12:38 PM

    hehehe ea gak jorok ih kan kecelakaan tapi ada lhos tips gampang gunakan trika atau kispray lumayan menolong hehehe sebagai p3k wakakakak

  22. 22 yume September 4, 2007 pukul 3:11 PM

    @ ea : stau saya..kalo d smprot kispray ato trika gt…apa ga malah tambah bauu?
    kan kecampur ma keringett….

  23. 23 hamka September 5, 2007 pukul 3:37 AM

    yang diganti n dicuci kok cuman kaos kaki, sepatunya gak usah dicuci ya??
    cukup dikeringkan 24 jam, dipakenya setaon ga dicuci2??..hehe

    Ooo di ARC dulu peraturannya
    “Cium tangan sebelum keluar” dan “Cium kaki sebelum masuk”

    Thx 4the tips

  24. 24 ea September 5, 2007 pukul 2:22 PM

    iya sih yume memang tambah aneh bau nya wakakakakk

  25. 25 Fajar September 6, 2007 pukul 4:52 PM

    @ea
    weekksss😛

    @yume
    setuju !!

    @hamka
    ahahahha
    keren banget slogannya

    Cium tangan sebelum keluar” dan “Cium kaki sebelum masuk

  26. 26 Takodok! September 7, 2007 pukul 3:45 AM

    *sempet bingung liat judulnya*
    *sempet salah sangka kalo om fajar bau kaki–>berbau kaki bukan kakinya bau*
    *baru nyadar lagi laper*
    *pulang, makan!*:mrgreen:

    ps. Sumpah, komen gak penting be-ge-te

  27. 27 reditya September 15, 2007 pukul 12:37 PM

    jadi inget ARC waktu si Alief masih suka teriak-teriak “cium kaos kaki masing2”😀

  28. 28 Fajar September 15, 2007 pukul 9:12 PM

    @desti
    dasar gak jelas !!
    dan saya gak bau kaki !!:mrgreen:

    @reza
    bukan cium kaos kaki
    cium kaki masing2 !!😛

  29. 29 scooterboyz September 16, 2007 pukul 1:59 AM

    Kahkahkah..

    Pengalaman sama mas ipul kemarin,di tengah kulminasi puasa,tiba2 tercium aroma kaki tak sedap..

    Kaki siapakah itu??Tak betol kalo sebut merk..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Laman

Blog Stats

  • 346,210 hits

Contact Me

Fajar Flickr Photos

Beautiful Haneda

B waiting

to Kowloon

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: