I didn’t know that (6)

Bilangan Negative

Tahukah kamu sejak kapan bilangan negative digunakan oleh manusia ? bilangan negative diperkenalkan untuk pertama kali pada periode 100 SM hingga 50 SM. Uraian mengenai bilangan negative tersebut terdapat pada buku berbahasa cina yang berjudul Jiu-zhang suanshu. Kemudian pada abad ke-3, seorang matematikawan Yunani yang bernama Diophantus memperkenalkan bilangan negative pada bukunya yang berjudul Arithmetica. Diopahantus mengenalkan bilangan negative sebagai penyelesaian dari persamaan 4x + 20 = 0 .

Karya Diophantus telah berhasil menembus India pada tahun 600 M. Hal ini dibuktikan ketika brahmagupta memperkenalkan bilangan negative pada bukunya yang berjudul Brahma-Sphuta-Siddhanta. Sementara itu, masyarakat eropa menolak konsep bilangan negative telah digunakan oleh Chuquet pada abad ke-15, namun barulah pada abad ke-17 masyarakat eropa mulai dapat menerima konsep bilangan negative.

sumber : majalah bobo

10 Responses to “I didn’t know that (6)”


  1. 1 itikkecil Agustus 16, 2007 pukul 12:01 AM

    pertamax!!!!!!!
    baru tahu saya….. tapi dasar anak kecil… sumbernya saja majalah bobo:mrgreen:

    *kaburrr*

  2. 2 grace grace Agustus 16, 2007 pukul 2:28 AM

    oyaji…
    udh ga pantes baca bobo…:mrgreen:

  3. 3 ayahshiva Agustus 16, 2007 pukul 7:31 AM

    ternyata memang benar ilmu bisa didapat dari mana aja

  4. 4 petra novandi Agustus 16, 2007 pukul 10:47 AM

    anouu…..

    emang langganan bobo gitu?

  5. 5 ridu Agustus 17, 2007 pukul 9:50 AM

    wah kakaknya fitri suka baca bobo yah?πŸ™‚ hehehe… ade-nya jangan digalakin tuh, ntar nangis terus!

  6. 6 Fajar Agustus 17, 2007 pukul 1:18 PM

    @all😦
    hiiiiii
    jangan liat sumbernya donk
    tapi isinya !!

  7. 7 rime Agustus 18, 2007 pukul 3:03 AM

    wow.. membaca bobo membuat kita pintar ya…

    btw, 4x + 20 = 0 berarti x = 5 ya? hehehe…

    -yang nilai kalkulusnya D-

  8. 8 rime Agustus 18, 2007 pukul 12:12 PM

    eh salah….. x = -5

    sekarang percaya kan kalkulus gua dapet D? hahahahaha…

  9. 9 Fajar Agustus 19, 2007 pukul 1:03 AM

    @rime

    iya x = -5 πŸ™‚

    wah jadi buka2 nilai nih disini:mrgreen:

  10. 10 immoz Desember 8, 2007 pukul 2:14 AM

    waww aku juga didn’t noe dat, tapi kenapa ya masyarakat eropa kok sempat menolak konsep bilangan negatif? nolaknya selama 2 abad lagi!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Laman

Blog Stats

  • 346,210 hits

Contact Me

Fajar Flickr Photos

Beautiful Haneda

B waiting

to Kowloon

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: