Windows Vista dan DHCPv4

Sebenarnya masalah ini sudah ada lama semenjak windows Vista di release, saya akhirnya mendapat bukti ketika ada teman yang menggunakan windows vista dan komputernya tidak dapat IP dari dhcp server yang ada di network bersangkutan. yangvista bermasalah adalah di DHCPv4 nya, untuk DHCPv6 tidak ada masalah untuk si Windows Vista ini. secara difault windows vista telah berjalan secara dual-stack service, IPv4 dan IPv6. waktu itu saya juga pernah mencoba Vista di laptop saya yang lama ( bukan si kuro !) di network nya ARC, aneh si vista ini dapat advertise IPv6 dari gtw.arc ( prefix 2001:d30:3:160::/64 ) namun tidak mendapat IPv4. pihak microsoft pun mengakui bahwa windows vista tidak bisa mendapat ip dari beberapa model router atau dari beberapa non-Microsoft DHCP server. pernyataan ini sangat medukung sekali bahwa memang router – router di itb kebanyakan berplatform BSD or UNIX, termasuk di network yang saya coba.

pihak microsoft mengklaim bahwa hal ini disebabkan karena perbedaan design windows vista dengan windows XP SP2, khususnya pada windows xp sp2 Broadcast flag pada dhcp dicovery packet diset ke 0 (disable), namun pada windows vista broadcast flag pada dhcp discovery package diset tidak disable. sementara itu berberapa model router dan non-Microsoft dhcp server tidak bisa memproses dhcp discovery packets

Kemudian sebagai MSA hati saya tergerak untuk mereview sedikit solusi untuk masalah ini ( tentunya yang sudah dibuat oleh microsoft ):mrgreen: , sekarang sudah jamannya windows vista memang.

oke kita mulai tutorial solusinya… ( warning : Saya dan Pihak Microsoft tentunya tidak menjamin kerusakan akibat perubahan registri yang ditimbulkan oleh solution ini. Modify the registry at own your risk !!! ), ada baiknya sebelum mengubah ubah registri anda buat dulu system restore point sebelum registri diubah, sehingga bila nanti anda salah mengganti registri maka sistem dapat dikembalikan ke awal sebelum perubahan.

  1. click start strat , kemudian ketik regedit di Run Program, secure jika diminta password administrator maka ketikan lalu klik continue.
  2. kemudian temukan registry subkey, HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters\Interfaces\{GUID} lalu ini adalah registri yang berhubungan denga network adapeter yang terhubung ke network.
  3. di bagian Edit menu > New , lalu klik DWORD (32-bit) Value
  4. di New Value #1 , ketikan DhcpConnDisableBcastFlagToggle , lalu enter
  5. klik kanan DhcpConnDisableBcastFlagToggle lalu klik modify
  6. di bagian value data box ketik angka 1 lalu klik OK
  7. tutup registri editor

Silahkan dicoba semoga berhasil !!

referensi : http://support.microsoft.com/kb/928233

edit, Thanks to mas affan yang udah ngasih link ini di milis 1

16 Responses to “Windows Vista dan DHCPv4”


  1. 1 Heri Heryadi Juli 2, 2007 pukul 10:01 AM

    Pertaamaxxxxxxxxxxxxxx!!🙂
    Mm, belom pake vista. Ga ngerti juga dg DHCP. Eh, di vista masih ada registry?!

  2. 2 affanzbasalamah Juli 2, 2007 pukul 2:09 PM

    Lha kan udah gw tulis di milis 1…. Tapi gw belum pake Vista sih, masih setia dengan the reliable, dependable, Windows XP SP2! Paling baru ganti MS Office 2007 nya ajah…

  3. 3 btyop Juli 3, 2007 pukul 12:58 AM

    Sementara ga pake Vista, itu OS terlalu rakus resource, notebook gw ga kuat😦

    Haha, saking kecanggihannya router2 lama dilupakan begitu saja, walah. Mungkin masih terlalu cepat untuk menggunakan IPv6 sebagai default, belum banyak diimplementasikan disini.

    @Heri
    Yang namanya registry di Windows pasti ada, klo mo ga ada registry ke Mac OS aja ^_^

  4. 4 Fajar Juli 3, 2007 pukul 2:00 AM

    @Heri
    DHCP itu protokol yang digunakan oleh komputer atau laptop kamu biar bisa dapet 1 ip tanpa perlu diset terlebih dahulu
    intinya vista sih sebenernay eyecatching aja , engine nya sama aja kyk XP

    @mas affan
    masa mas….??
    *buka thunderbird, masuk ke milis1*
    oiya mas sempet kelewat emailnya:mrgreen:

    iya sih batere laptop bisa berkurang kemampuan nya sekitra 30% kalo make win vista
    yang tadinya 3jam jadi cuma 2jaman

    untuk MS office 2007 saya rasa sudah sangat reliable

    @btyop
    tapi kita mau gak mau harus siap IPv6 boss

  5. 5 Taufiq Juli 3, 2007 pukul 6:41 AM

    wah jar, gw blum sempet nyoba soalnya klo gw pake vista dilaptop gw bisa2 cuma bentar udah ngecharge lagi deh..:D
    tapi mungkin lain kali klo sempet gw coba lah bos..thanx link nya..

  6. 6 cK Juli 4, 2007 pukul 3:00 AM

    apa sih keunggulan vista??? soalnya masih pake XP SP2 tolong sebutkan keunggulan vista yang tidak dimiliki XP SP2 dan sebaliknya:mrgreen:
    maap lho ngasih kerjaan, soalnya penasaran nih😛

  7. 7 Fajar Juli 4, 2007 pukul 3:16 AM

    @cK

    1. penampilan lebih oke, saya akui itu, jadi bikin betah di komputer, karena fitur aeronya

    2. kalo dibahas dari segi network vista sudah support ipv6

    3. security yang lebih kuat dari pada xp sp2, sampe2 kita bakal bosen dimintain notice password administrator

    4. dan ada beberapa fitur tambahan yang gak ada di XP ( dan yang saya blum explore juga )

    yang diatas ini saya bukan promosi lhoo !! sebatas ngejawab pertanyaan si chika aja nih…. huh ngerepotin aja :mrgreen:

  8. 8 9racehime Juli 4, 2007 pukul 6:00 AM

    vista oh vista..kpn reputi-chan *lepti-chan,red* punya saya bs vista yahh??
    masa kalah ma warnet asrama saya yg udh vista smua…payahh ahh…*OOT*

  9. 9 Fajar Juli 4, 2007 pukul 6:15 AM

    @grace

    ah promosi nih kalo di asramanya dah vista semua😛

  10. 10 9racehime Juli 4, 2007 pukul 7:42 AM

    wekekeke….sumpah deh enggak sengaja koo…..

  11. 11 Fajar Juli 4, 2007 pukul 8:37 AM

    @grace

    ah yang bener
    *curiga mode ON*

  12. 12 cK Juli 4, 2007 pukul 1:07 PM

    kalo kekurangannya apa???
    *ditendang yg punya blog*

  13. 13 Fajar Juli 5, 2007 pukul 1:18 AM

    @cK

    wah cK untung kamu nanya nya ke saya
    coba kamu nanya ke tukang yang jualan
    bisa dipentung pake sendal bakiak kamu !! :mrgreen:
    *ikut mentungin cK*

  14. 14 @leek September 18, 2007 pukul 5:32 AM

    koko n cici, sory yah tanya2 msalah yang udh lwat
    mang klu kita pake vista n sering install trus remove
    program apa ada kmungkinan registry itu ngaruh k kinerja windowsnya?trutama untk vista d..soalnya sya pake vista n sring install remove yg berbau game.thx sbelumnya koko n cici skalian….

  15. 15 omega8719 April 23, 2008 pukul 7:10 AM

    Sampai kapan ya MS ngemasukkin sistem registry ke dalam sylva09. Ini nih yang jadi sasaran empuk virus-virus setelah VB. Selain itu tampaknya sistem registry tuh kuno banget. Setting ini, ganti angka terus minta restart. Cape deh.
    Saya merasa sangat bersyukur Mac OS X Leopard saya yang jauh lebih indah ketimbang Vista, gak kenal yang namanya registry.

  16. 16 cK April 23, 2008 pukul 7:23 AM

    jar, bantuin partisi vistaaaa!!😥
    apa saya mesti install ulang? rada bingung nih soalnya pre-install. ada masukan ga??😕


Tinggalkan Balasan

Laman

Blog Stats

  • 346,210 hits

Contact Me

Fajar Flickr Photos

Beautiful Haneda

B waiting

to Kowloon

Lebih Banyak Foto

