IRCd with IPv6

Gw punya kendala disini, ketika gw sedang menangani suatu acara video conference inherent gw selalu punya masalah dengan yang namannya koordinasi, baik itu denga orang atas pada saat acara, atau dengan pihak site lawan. So gw pengen coba tawarkan solusi yang keren, gimana kalo kita make IRC sebagai penghubung kan gratis tuh, gak pake keluar pulsa kayak yang udah udah pulsa gw abis deh. Lagi pula metode make IRC ini udah berjalan baik di kelas SOI Asia nya WIDE, so kenapa gak gw pake aja.

Pertama tama gw cari data dulu, daemon irc mana aja yang dah support IPv6, alhasil gw nemu 2 daemon yaitu inspircd sama unreal. gw bakal deploy di mesin soi.itb.ac.id dan gw kasi cname irc.soi.itb.ac.id. Setelah gw coba ternyata enakan yang unreal, so gw mualai deh deploynya, berikut langkah – langkah yang saya lakukan (under FreeBSD) :

  1. masuk ke /usr/ports/irc/unreal
  2. ketik make config , lalu pilih options HUB, NOSPOOF, IPv6, dan PREFIXAQ. lalu ketik OK
  3. kemudian install dengan perintah make install clean
  4. setelah terinstall semua file konfigurasi berada di /usr/local/etc/Unreal, file konfigurasi utamanya adalah unrealircd.conf
  5. edit konfigurasi seperlunya, untuk settingan awal sebaiknya comment semua line yang berhubungan dengan ssl, juga uncomment options ini loadmodule “/usr/local/lib/Unreal/commands.so”;
    loadmodule “/usr/local/lib/Unreal/cloak.so”;
  6. tambahkan perintah berikut ke rc.conf, ipv6_ipv4mapping=”YES”
  7. kemudian jalankan unreal sesuai dengan pathnya ( kalau di server saya /usr/local/libexec/ircd )

menurut saya bagian terpenting dari konfigurasi ini adalah bagian penentuan bind ip address

## listen IPv6
listen [2001:d30:3:508:218:71ff:fe77:8309]:6666;
#{
# options
# {
# #ssl; # no ssl !!
# clientsonly;
# };
#};

## listen IPv4
listen [::ffff:167.205.108.155]:4444;
#{
# options
# {
# #ssl; # no ssl !!
# clientsonly;
# };
#};

Begitu daemon ircd ini berjalan sekarang kita tinggal siapkan clientnya. untuk software client irc yang sudah support IPv6 (setau saya) adalah KVirc

soi# tail -f /var/log/ircd/ircd.log
[Mon May 21 01:38:22 2007] – TIME SYNCH: Unable to synchronize time: Timeout. This happens sometimes, no error on your part.
[Mon May 21 02:00:12 2007] – Connect – ITB-fajar!fajar@167.205.3.13 [VHOST 25646258.5043BD1.6385524D.IP]
[Mon May 21 02:00:16 2007] – Connect – Fajar!fajar@2001:d30:3:160:fdff:e9e5:a9e1:9e0f [VHOST 66658B:A6E50E8C:39C04419:IP]

Lihat saya sudah terkonek via IPv6 πŸ˜‰

semoga berguna

Powered by ScribeFire.

2 Responses to “IRCd with IPv6”


  1. 1 primo Agustus 28, 2008 pukul 10:03 AM

    kalo pake unreal versi windows gimana bind ipv6 nya omz..
    bingung nih ga slese2

    Unable to connect to server (Connection refused)

    gitu terus..

  2. 2 primo Agustus 28, 2008 pukul 10:17 AM

    btw itb buat ircd ipv6 dunk
    trus link ke allnetwork (www.allnetwork.org)
    lumayan buat pengenalan ipv6πŸ˜€

    Sukrie using ssl.efnet.ch Make Love not War — with protection!
    Sukrie is using a secure connection
    Sukrie 2001:470:5:98::6667 actually using host


Tinggalkan Balasan

Laman

Blog Stats

  • 346,210 hits

Contact Me

Fajar Flickr Photos

Beautiful Haneda

B waiting

to Kowloon

Lebih Banyak Foto

