Archive for the 'IPv6' Category

DHCP, penting ya…?

Pernahkan anda mengalami kejadian seperti ini, yaitu ketika IP address yang anda sedang pakai tidak bisa digunakan karena IP tersebut digunakan oleh orang lain.

Sungguh menjengkelkan bukan, mungkin saja anda sedang mendownload sesuatu (baik itu yang penting atau yang tidak penting :| ) atau sedang bermain game online. Bisa – bisa itu donlotan berhenti di tengah jalan, or kalo main game kamu bisa disconnect, dan semua player bakal misuhin kamu (on DotA), bisa – bisa gak diajak main lagi :| .

Lanjutkan membaca ‘DHCP, penting ya…?’

Artikel IPv6

Alhahmdulillah, artikel saya masuk CHIP lagi (edisi bulan ke-5) :mrgreen: , tapi kali ini saya tidak menulis tentang teknologi dari Microsoft, melainkan tentang Internet Protocol version 6. Sebenarnya sudah lama juga saya diminta oleh mas Reza Wahyudi untuk menulis tentang ini.

Lanjutkan membaca ‘Artikel IPv6′

proses migrasi IPv6 ITB (2)

Yup, ini adalah lanjutan dari artikel yang pertama, yaitu tentang proses migrasi alamat IPv6 ITB yang lama ( 2001:d30:3::/48 ) menjadi alamat IPv6 yang baru ( 2403:8000::/32 ). Sudah hampir 3 bulan proyek ini dicanangkan yaitu sejak masa pembagian alokasi IPv6 untuk unity2 yang ada di ITB.

Entah mengapa, unity2 di ITB ini kurang begitu responsif dengan adanya migrasi ini, apalagi kepikiran untuk mendeploy baru. Sudah di umumkan di milis admin ITB, tetapi saya rasa tanggapan dari para admin – admin tersebut kurang begitu “WoW”. Pernah saya dengar dari teman kalo orang – orang di unity tidak mau mendeploy IPv6 karena katanya kalo pake IPv6 ntar jaringannya jadi lambat, kalo buka web jadi lambat, dan berbagai macam alasan lainnya. Sebenarnya ini masalah simpel saja, hal ini karena masalah preferensi DNS saja yang selalau memproritaskan untuk mengecek IPv6 terlebih dahulu, jadi memang terasa agak lebih lambat saja, namun saya rasa hal tersebut tidak terlalu signifikan.

Lanjutkan membaca ‘proses migrasi IPv6 ITB (2)’

Google get IPv6

Google IPv6 logo

IPv6 Google logo

Mantap, akhirnya Google punya alamat IPv6, alamat IPv6 nya adalah 2001:4860:0:1001::68 , 2001:4860:0:2001::68 . Kalau mau coba silahkan akses ke http://ipv6.google.com dan tentu saja network ini bisa diakses dari network yang support IPv6 atau Proxy server yang udah dual stack :mrgreen: , atau kalo emang keukeuh pengen nyoba juga silah kan akses http://ipv6.google.com.ipv4.sixxs.org/ .

Lanjutkan membaca ‘Google get IPv6′

IPv6 untuk website porno

Hey I’ve found something interesting today, it’s about IPv6 connection. Ya saya menemukan sesuatu (sebuah website) yang sangat menarik kali ini. Ditengah gencarnya organisasi2 dan perusahaan2 di dunia IT dalam memasyarakatkan IPv6, banyak yang menggunakan bermacam – macam metode dalam “menginfeksikan” teknologi ini, ada yang menggunakan metode pendidikan seperti yang dilakukan teman2 saya di School on Internet ITB, ada juga yang memberikan jasa tunneling gratis agar client bisa mendapat kan alamat IPv6 di tengah network cloud IPv4. Ada juga beberapa jasa perusahaan webhosting yang sudah enable koneksi IPv6 dalam membantu penyebaran teknologi ini. Namun ada sebuah website, yang menggunakan jasa IPv6 ini untuk membuat sebuah website yang memberikan bonus porn content jika client mengaksesnya via IPv6 :mrgreen: . Memang kita sama sekali tidak menyangkal, bahwa website porno masih menjadi “lahan bercocok tanam” yang subur di internet ini.

Lanjutkan membaca ‘IPv6 untuk website porno’

Forced httpd

Hallo all

Baru2 ini saya punya masalah aneh dengan sebuah server saya, lokasi server ini kebetulan berada di US. Saya ingin coba menjalankan httpd dan listen di alamat IPv6. Berikut beberapa cuplikan server saya (lumayan, 9 hop dari om google)

Linux garasi.bengkelhost.net 2.6.9-55.0.12.EL #1 Fri Nov 2 10:57:39 EDT 2007 i686 i686 i386 GNU/Linux
[root@garasi ~]# traceroute http://www.google.com
traceroute: Warning: http://www.google.com has multiple addresses; using 74.125.47.147
traceroute to http://www.l.google.com (74.125.47.147), 30 hops max, 38 byte packets
1 66-118-177-1.static.sagonet.net (66.118.177.1) 0.478 ms 0.444 ms 0.445 ms
2 ve20.core01a.tpa.sagonet.net (65.110.32.65) 0.212 ms 0.142 ms 0.129 ms
3 ge-2-1-0.402.ar2.TPA1.gblx.net (64.208.17.93) 0.490 ms 0.492 ms ge-2-1-0.403.ar2.TPA1.gblx.net (64.213.33.49) 0.459 ms
4 ge-1-1-10G.ar1.ATL2.gblx.net (67.17.108.1) 11.866 ms 11.842 ms 11.830 ms
5 72.14.197.237 (72.14.197.237) 11.750 ms 11.797 ms 11.794 ms
6 64.233.174.84 (64.233.174.84) 11.824 ms 11.813 ms 72.14.236.12 (72.14.236.12) 11.921 ms
Icmp checksum is wrong
7 216.239.49.45 (216.239.49.45) 12.081 ms 209.85.253.47 (209.85.253.47) 38.102 ms 173.695 ms
8 209.85.253.165 (209.85.253.165) 19.769 ms 209.85.253.161 (209.85.253.161) 24.234 ms 209.85.252.82 (209.85.252.82) 72.832 ms
9 209.85.253.165 (209.85.253.165) 18.093 ms 74.125.47.147 (74.125.47.147) 12.842 ms 12.833 ms

Nah saya mencoba mengkonfigurasi httpd dan listen di alamat IPv6 yaitu 2001:470:1f04:113::2/64, Padahal file sudah dikonfigurasi dengan benar, tetapi apabila di restart atau di nyalakan selalu ada pesan error bahwa httpd tidak dapat melisten di alamat IPv6 di bagian VirtualHost, tapi saya sudah sangat yakin bahwa konfigurasi bind IPv6 di VirtualHost tidak mungkin salah (mungkin karena sudah terbiasa kali ya :mrgreen: ), aneh memang. Dan kerennya lagi, walalupun muncul pesan error atau warning, ternyata httpdnya jalan dan listen di IPv6 dual stack :mrgreen: . Yah gak apa apa lah, dari pada gak jalan sama sekali. hihihi

[root@garasi ~]# httpd -k restart
[Thu Jan 03 06:50:26 2008] [error] VirtualHost 2001:470:1f04:113::2:80 — mixing * ports and non-* ports with a NameVirtualHost address is not supported, proceeding with undefined results
[Thu Jan 03 06:50:26 2008] [error] VirtualHost 2001:470:1f04:113::2:80 — mixing * ports and non-* ports with a NameVirtualHost address is not supported, proceeding with undefined results
[root@garasi ~]# ps -ax | grep httpd
Warning: bad syntax, perhaps a bogus ‘-‘? See /usr/share/doc/procps-3.2.3/FAQ
10137 ? Ss 0:01 /usr/local/apache/bin/httpd -k start
13174 ? S 0:00 /usr/local/apache/bin/httpd -k start
13175 ? S 0:00 /usr/local/apache/bin/httpd -k start
13176 ? S 0:00 /usr/local/apache/bin/httpd -k start
13177 ? S 0:00 /usr/local/apache/bin/httpd -k start
13178 ? S 0:00 /usr/local/apache/bin/httpd -k start
13179 ? S 0:00 /usr/local/apache/bin/httpd -k start
13181 pts/0 R+ 0:00 grep httpd

Untuk membuktikan bahwa httpd berjalan secara paksa (forced) dan bisa listen di alamat IPv6, anda bisa membuka link berikut http://fajarf.net.ipv4.sixxs.org/ dan akan terlihat bahwa anda mengakses dari alamat IPv6 dan website listen di alamat IPv6.

proses migrasi IPv6 ITB (1)

hmmm

baru saya coba 1 network yang saya migrasi IPv6 nya. Routernya cuma based FreeBSD, Zebra, ospfd, ospf6d. Akhirnya bisa terkoneksi ke internet… :)

ping6 ke http://www.itb.ac.id

router-1# ping6 http://www.itb.ac.id
PING6(56=40+8+8 bytes) 2403:8000:3030::1 –> 2001:d30:3:508::136
16 bytes from 2001:d30:3:508::136, icmp_seq=0 hlim=61 time=2.870 ms
16 bytes from 2001:d30:3:508::136, icmp_seq=1 hlim=61 time=1.086 ms
16 bytes from 2001:d30:3:508::136, icmp_seq=2 hlim=61 time=1.221 ms

lalu, ping ke http://www.kame.net

router-1# ping6 http://www.kame.net
PING6(56=40+8+8 bytes) 2403:8000:3030::1 –> 2001:200:0:8002:203:47ff:fea5:3085
16 bytes from 2001:200:0:8002:203:47ff:fea5:3085, icmp_seq=0 hlim=54 time=120.261 ms
16 bytes from 2001:200:0:8002:203:47ff:fea5:3085, icmp_seq=1 hlim=54 time=114.229 ms

terakhir ping ke ntt us

router-1# ping6 us.ntt.net
PING6(56=40+8+8 bytes) 2403:8000:3030::1 –> 2001:418:0:7::100
16 bytes from 2001:418:0:7::100, icmp_seq=0 hlim=240 time=307.667 ms
16 bytes from 2001:418:0:7::100, icmp_seq=1 hlim=240 time=309.109 ms

Mantaf saudara saudara !!  :mrgreen:


Blog Stats

  • 323,618 hits

Contact Me

Promo

Sponsor

Fajar Flickr Photos

B waiting

to Kowloon

HK Apple Store

More Photos

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.