Sate Maranggi Cibungur

Sabtu siang yang cerah saya bersama kedua teman saya melakukan kegiatan wisata kuliner, namun wisata kuliner kali ini berbeda karena kami tidak memilih tempat di Bandung, melainkan di daerah Sadang, Purwakarta. Kali in tempat yang kami singgahi adalah Sate Maranggi dan Es Kelapa Muda Cibungur, Purwakarta.

Kalau dari Bandung mungkin menempuh jarak 50 Km, berarti pulang pergi Bandung – Purwakarta memakan waktu 100 Km yah sekitar 1 jam-an lah, lagipula sekarang ada Tol Cipularang. Saya pergi bersama 2 teman saya, Wildan dan Arab, berangkat jam 11.30 dari kampus ITB. Sampai di Cibungur sekitar jam 12an lewat. Ada juga yang unik dari pelayanan sate maranggi cibungur ini, begitu kita datang dan pesan makanan maka kurang dari 1 menit makanan yang anda pesan tadi langsung datang ke meja anda. Hal ini mungkin karena dia memasak dalam partai besar untuk memenuhi pengunjung bermobil yang terus berdatangan.

Menu yang juara disini adalah sate marangginya, sungguh unik karena dia menghidankan sate tanpa bumbu colek (seperti kecap atau kacang), namun begitu kita makan satenya bumbunya sudah meresap ke daging sate tersebut, maknyus sodara2, saya berani bilang rasa dari semua sate2 maranggi yang ada di bandung TUMBANG!!. Lalu menu yang juara lagi disini adalah gulai nya, memang berbeda antara rasa gulai yang berani bumbu mecin dengan yang berani bumbu rempah. Rasa dari gulai cibungur ini berani bumbu rempahnya, dan rasanya tidak terlalu menusuk di lidah, sangat pas !!.

Wildan and Me

Nasinya yang dihidangkan pun menggunakan nasi timbel, sehingga pas bila disantap dengan sate dan gulai dalam keadaan panas2, ditambah dengan sambal yang tidak terlalu pedas (banyak tomatnya). Untuk minum kami memesan es kelapa muda, menurut saya sih es kelapa mudanya standar, alias sama dengan kebanyakan. Kalau masalah harga, gak usah khawatir, dibandingkan denga sate pak Gino bandung harga di cibungur ini jauh lebih murah, sebagai gambaran kami makan 3 porsi sate berikut gulai dan es kelapa harga yang kami bayar tidak sampai 100 ribu rupiah.

Arif (Arab) lagi ngiler :-P

Setelah makan kami melakukan perbincangan kecil, hampir semua pengunjung sate maranggi cibungur adalah bermobil, dengan berbagai macam plat seperti B, D, dan T. Kami pun beranggapan kalau yang makan di sate maranggi cibungur ini memang sudah direncanakan atau diniatkan, bukan pengunjung yang kebetulan lapar dan menemukan sebuah rumah makan sate di pinggir jalan. Jadi tampaknya nama dari sate maranggi cibungur ini sudah tersohor (pernah masuk wisata kuliner-nya bondan winarno gak yah ? ).

Suasana bakar membakar

Suasana ramai pengunjung

Hal yang paling penting disini adalah, Sate maranggi cibungur ini tidak buka cabang dimana – mana lho !! :mrgreen:

Selamat mencoba !!  :-)

About these ads

34 Responses to “Sate Maranggi Cibungur”


  1. 1 1punker November 2, 2008 pukul 3:13 AM

    sadis, gak buka cabang di mana pun
    kesian deh gua yg jauh :(
    andai makanan bisa dikirim lewat email..

    eh, pinjam info & foto2nya ya
    tenang aja, kutulis sumbernya
    makasih

  2. 2 takochan November 2, 2008 pukul 6:24 AM

    ah, kolesterol :cool:
    *perasaan gambarnya lo jg ngiler berat dah :lol:

  3. 4 Mrs. Fortynine November 2, 2008 pukul 11:15 AM

    saya suka sate sejak…

    ah… :cry:

    inget lagi deh :cry:

  4. 5 qzplx November 2, 2008 pukul 8:12 PM

    Wah, makanya gaya ala barak gitu ya, keren..!

  5. 6 scooterboyz November 2, 2008 pukul 10:51 PM

    Fajar bukan lagi ngiler itu..
    Sebelum foto udah di lapin dulu..

  6. 7 sososibuk November 3, 2008 pukul 1:29 AM

    Lha…makanan lagi “IN” buat dibahas dio blog ya??

    jangan jangan, yang punya nya nih :D

  7. 9 itikkecil November 3, 2008 pukul 3:32 AM

    Itu kenapa merenung Jar?
    mikirin apaan?

  8. 10 scooterboyz November 3, 2008 pukul 5:14 AM

    @phewhe
    Kow kan kena dampak krisis,makanya ga diajak..Takut situ miskin mendadak..

  9. 11 irvan November 3, 2008 pukul 10:03 AM

    ngeri2, makan sate enak ama gadget yang aduhai.
    ckckckc.
    emang GILA anak2 techie bandung. :D

    -IT-

  10. 12 duedue November 3, 2008 pukul 1:51 PM

    SaLam kenal y!!!

    Jadi ngiler eui liatnya…..
    Denger2 pengen nonton AVA???
    A7X kmaren nonton ga??

  11. 13 cK November 3, 2008 pukul 4:55 PM

    asem ki, bikin laper! :evil:

  12. 14 madzz November 3, 2008 pukul 10:50 PM

    salam kenal tukeran link yukk

  13. 15 ridwan November 4, 2008 pukul 11:51 AM

    oi,, ada sate ayam n gulainya juga gak? gw alergi daging kambing nih.. :(

  14. 16 Wildan November 4, 2008 pukul 1:48 PM

    Yuk..buka cabang baru Jar..biar spanduknya dilepas.

  15. 17 Axel November 6, 2008 pukul 6:58 PM

    weleh2, pasti maknyus tenan :D

  16. 19 Silur November 7, 2008 pukul 8:24 PM

    Wow, warung sate lapak besar….

  17. 20 nico kurnianto November 8, 2008 pukul 10:36 PM

    wuih enaknya… cuman ada di cibubur doank yak?

  18. 21 nun1k04a November 17, 2008 pukul 11:34 AM

    Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://kuliner.infogue.com/sate_maranggi_cibungur

  19. 22 Eep Januari 6, 2009 pukul 10:05 AM

    sudah lama ga mampir ke sini gara-gara jalan tol jadi males belok dulu.. heheheh

  20. 23 nenez November 8, 2009 pukul 4:56 PM

    enakk loh sate’a ..
    hampir tiap minggu ak ksana .
    rm ku kn d pwk .
    haha

  21. 24 odef November 29, 2009 pukul 10:30 AM

    pulang dr rumah nenek d sukatani mampir dan makn sate enak dan nasinya tambah

  22. 25 road April 20, 2010 pukul 6:27 AM

    emang asli enak ko..dulu gw sering makan sate di situ ..tp sekarang gw dah pindah jd sush pgn mkn enak lg

  23. 26 Iis ismawati Juli 3, 2010 pukul 8:37 AM

    sate maranggi….cuma ada dipurwakarta nieh…abdi teh di cimahi……pengen tester nich rasanya….

  24. 27 SS Juli 26, 2010 pukul 12:45 PM

    Kalo dari jakarta, petunjuk jalan kesitunya gimana ya?

  25. 28 supriyono Oktober 31, 2010 pukul 9:43 AM

    lokasinya yang pas, suasana alam bebas….setiap ke pkc selalu menyempatkan mkn di sini, ….sukses ya.

  26. 29 munawar holil kusmayadi April 18, 2011 pukul 4:15 PM

    uenak….ee pooooollllllll …………..

  27. 30 CIPADU HOLISTIC CENTRE { CHC } Mei 23, 2011 pukul 8:10 AM

    CIPADU HOLISTIC CENTRE { CHC }

    Jl.Ciledug Raya Gg. H. Botet Rt. 04/05 Pisangan, kreo, Ciledug, Tangerang.
    Telp. 021.3638 2223 / 021.933 40 413
    +/- Sekitar 40 m di belakang POM Bensin kreo Batas / Gapura selamat datang di kota Tangerang.

    Melayani Terapi :
    1. BEKAM
    2. SENGAT LEBAH
    3. SEDOT LINTAH
    4. HYPOTERMAL
    5. GURAH
    6. REIKI / PRANA
    7. MOCSIBASI
    8. REFLEKSI
    9. TOTOX
    10. EAR CANDLE
    11. MEDIPIC
    12. MASSAGE LIMPATIC
    13. CHIROPRACTIC YUMEIHO
    14. ACCUPRESURE
    15. OBAT-OBAT HERBAL
    16. CEK GULA DARAH.
    17. CEK ASAM URAT
    18. CEK CHOLESTEROL

    Dengan perpaduan & kombinasi berbagai macam tehnik Terapi yang kami padukan, Alhamdulillah selama ini telah banyak pasien-pasien CHC yang telah berhasil sehat kembali. Silahkan anda buktikan, karena tarif terapi kami HANYA @ Rp. 65.000; an ajaaaaa.***

    http://www.multiterapi.blogspot.com

    PERHATIAN…..!!!
    *** Tarif terapi di iklan ini tidak mengikat, Dalam arti ; Mungkin di klinik kami sudah terjadi penyesuaian. Untuk lebih Pastinya, silahkan hub telp klinik kami atau http://www.multiterapi.blogspot.com
    Untuk anda yang menginginkan Terapis kami datang ke rumah anda, Tarif Rp.100.000; per terapi, minimal 2 macam terapi / minimal 2 orang yang melakukan terapi. Panggilan ini untuk sementara hanya melayani wilayah ciledug, kebayoran, ciputat dan sekitarnya.

  28. 31 SATE MARANGGI 77 Juni 6, 2011 pukul 5:00 AM

    SATE MARANGGI 77

    Sapi – Kambing – Ayam Rp.1500 / tusuk
    Sop Iga Maranggi Rp.15.000,-
    Iga Bakar Maranggi Rp.15.000,-
    Tongseng Maranggi Rp.10.000,-
    Nasi Goreng Maranggi Rp.13.000,-
    Nasi Putih / Lontong Rp.3000,-
    Gorengan : Pisang Goreng, Bala – bala, Gehu Pedas, Tempe Goreng Rp.1000,-
    Jagung Bakar Unik: Krim Keju, Kacang Susu, Biasa, Pedas, Manis, Saus Kacang, mulai dari Rp.5000,-
    Ketan Susu Rp.3000,-
    Bandrek & Bajigur Rp.4000,-
    Es Ayawae Rp.3.000,-

    Sate Maranggi 77 khas Plered – Purwakarta racikan khas Ceu Dewi , pemilik kedai Sate Maranggi 77 yang berbeda
    dan bumbunya meresap di lidah ini menambah aneka kuliner di kota kembang Bandung. Sate Maranggi pada umumnya berbeda
    dengan sate yang lainnya, karena pada dagingnya yang empuk, besar, tebal dan bumbunya sangat benar – benar meresap.
    Sate yang ciri khas nya berbeda ini disajikan dengan sambal kecap yang nikmat sekali.
    Sate Maranggi sendiri terbuat dari daging sapi yang diolah dengan racikan bumbu dan dibakar dengan tekstur bakaran
    yang merata dan kenyal di lidah. Namun selain terbuat dari daging sapi, ada juga yang terbuat dari daging kambing
    dan daging ayam. Sesuai bagaimana selera kita. Harganya pun sangat terjangkau. Dengan 1500 per tusuk kita sudah
    bisa menikmati sate khas Purwakarta yang lezat ini dan jangan lupa mencoba menu baru yang unik pula, yaitu Tongseng Maranggi, Sop Iga Maranggi, Iga Bakar Maranggi, dan Nasi Goreng Maranggi yang tak kalah nikmatnya
    dengan Sate Marangginya.
    Jadi cobain deh Sate Maranggi 77 khas Plered – Purwakarta buatan Ceu Dewi yang hanya ada di Bandung Jawa Barat.

    JL. Raya Burangrang ( samping Bank BTPN Burangrang ) Bandung
    Buka : 17.00 – 00.00 WIB

    website : http://satemaranggi77.blogspot.com/
    facebook : satemaranggi77
    twitter : sate maranggi 77
    email : satemaranggi77@yahoo.co.id

  29. 32 duniakuliner Juli 23, 2011 pukul 3:24 PM

    low di jogja sate klatak gan…. tu juga wajib di coba

  30. 33 Widy Aja September 7, 2011 pukul 3:04 PM

    bumbu khas apa sich..? yg di tonjolkan SATE Maranggi ??

  31. 34 skipperz Desember 15, 2011 pukul 2:16 AM

    buat widy kalo mau bumbu asli maranggi widy perlu datang ke kota purwakarta tepatnya ke kecamatan plered dari sanalah maranggi berasal skalian bis beli2 keramik atau gerabah juga colenak d bendul sejenis makanan dr tape yg di bakar di siram saus gula merah enak deh
    sekedar info maranggi itu bumbunya seperti dendeng,penasaran maranggi original cari d plered.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 314,205 hits

Contact Me

Promo

Sponsor

Fajar Flickr Photos

B waiting

to Kowloon

HK Apple Store

More Photos

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: